Senin, 13 Juni 2016

Kenapa memakai ETAP?


Untuk kawan kawan yang bergelut di dunia electrical engineering, tentu saja sudah tidak asing dengan software perhitungan power system yang bernama ETAP. 

Perkenalan penulis dengan software ini dimulai ketika di bangku kuliah, pada saat itu software ini belum terlalu booming seperti sekarang. Dengan versi 4.0.0 pada waktu itu hanya segelintir kawan kawan yang pernah dan bisa memakainya. Modul simulasi yang ada juga belum terlalu banyak, ditambah lagi ketika simulasi setting relay harus menggunakan add on software yang berbeda..oh, those good old days :)

Sampai tulisan ini dibuat ETAP sudah membuat versi 14.1 and they keep improving. Kalau kamu mampir ke website ETAP maka kamu akan sadar sudah betapa banyak dan kompleksnya simulasi yang bisa dikerjakan dengan menggunakan ETAP. Selain itu kompatibilitas dengan system komputer 64 bit juga sudah menjadi feature standard.
Source: ETAP.com

Pertanyaan yang sering muncul adalah mengapa memakai ETAP? Sejujurnya ketika kawan kawan yang pernah dan sedang bekerja di bidang engineering pasti sadar, software yang powerfull banget itu justru adalah...microsoft excell :). Hanya saja ketika jumlah perhitungannya sudah terlalu banyak dan terintegrasi dengan sistem yang besar, maka menggunakan software simulasi seperti ETAP akan memberikan kemudahan tersendiri. So apa aja kelebihan menggunakan ETAP menurut saya?
  1. Better user interface
  2. Help function
  3. Customization
  4. Tons of Calculation Module
Ga adil rasanya kalau memberikan pendapat hanya berupa kelebihan tanpa kekurangan. Buat penulis pribadi, kekurangan utama software ini adalah 
  1. High price tag
  2. Divergent iteration
Jadi kesimpulannya, kalau tersedia software ini dikantor maka hidup kawan kawan electrical engineer akan semakin mudah. Akan tetapi software ini bukannya tanpa cela. Tidak ada software engineering yang sempurna. 

Yang paling utama adalah engineernya itu sendiri. Tanpa knowledge engineering maka semua software tidak akan berfungsi dengan optimal :)

Let me know your comments below.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa saja jenis jenis Earthing System ?

Terdapat beberapa macam skema earthing pada sistem tenaga listrik yang biasa diterapkan. Beberapa skema ini memiliki perbedaan karakteristi...